Rabu, 09 Januari 2019

Resep Masakan Istimewa di Rumah Kami


 

Kalau ditanya resep masakan istimewa di rumah kami, saya bingung menjawabnya. Pertama karena saya tidak mahir masak, saya hanya bisa masak yang standar-standar saja. Kedua karena selera anak-anak dan orang tua sering berbeda. Jadi kalau saya masak kesukaan suami, anak-anak malah manyun. Kalau saya masak kesukaan anak-anak, suami tetap ikut makan karena beliau tidak rewel masalah makan, tapi porsinya biasa saja.

Tapi setelah dipikir-pikir ada juga menu yang kompak akan membuat anak-anak dan suami antusias dan bilang, "Wow". Tak lain dan tak bukan adalah nasi liwet beserta teman-temannya.

Sayangnya, nasi liwetnya kompak bikin antusias tapi teman-temannya itu yang disukai anak-anak dan suami berbeda.

Kesukaan anak-anak nasi liwet sama ayam goreng atau sate ayam. Kesukaan Bunda dan Papa mereka nasi liwet plus sambal, lalap, tempe tepung, dan ikan goreng.

Berhubung tak punya kastrol buat bikin liwet, jadi cukuplah menggunakan magic com. (Maaf saya lupa nyimpen fotonya, ambil dari internet dulu yaa)
sumber gamvar: cookpad.com


Ini dia bahan liwet ala ala Bunda Wafa:

1 kg beras
1 ons teri nasi, cuci
1 sdm blue band
1 sdm garam
1 sdm penyedap (jika mau)
1 butir tomat, iris
2 buah cabai merah, boleh diiris
5 butir bawang merah, iris
10 helai daun salam
1 batang serai

Cara membuat: 
Cuci beras, masukkan ke magic com, masukan semua bumbu dan teri nasi. Tambahkan air, ukur hingga dua ruas jari dari permukaan beras. Aduk supaya bumbu merata. Nyalakan magic com dan tunggu sekitar 30 menit hingga matang.

Sambal, lalap, goreng ayam, goreng tempe, dan goreng ikan saya yakin sudah punya resep andalan masing-masing ya, Mak. Saya ingin berbagi resep sate ayam saja.
sumber gambar: pixabay.com


Bahan:

500 g ayam fillet, potong-potong dadu

Bumbu halus:

1 sdm garam
1 sdt merica
5 butir bawang putih halus
5 butir bawang merah
1 sdt ketumbar
3 sdm kecap manis

Cara membuat:
Campurkan bumbu halus bersama ayam, aduk hingga bumbu merata. Diamkan setengah jam hingga bumbu meresap. Tusuk masing-masing empat atau lima potongan fillet ayam. Lakukan hingga ayam ditusuk semua. Bakarlah sate hingga matang. Kalau saya menggunakan dobel pan supaya praktis tak harus capai geber-geber.

Jadi, sekarang kalau ingin nasi liwet tak usah pergi ke restauran Sunda, bikin saja di rumah, mudah kan? Selamat mencoba. 


tag: resep keluarga, masakan favorit, nasi liwet, sate ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Menikmati Surabi dengan Aneka Toping Menggiurkan

Setelah sekian lama merencanakan tapi gagal terus, akhirnya Sabtu kemarin kami jadi juga mengunjungi keluarga adik yang tinggal di daerah ...