Senin, 07 Januari 2019

Mengapa Kurma Dianggap Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?


 
Kurma makanan sehat untuk ibu hamil
            Saya pikir ibu hamil sangat memerlukan informasi seputar makanan sehat untuk ibu hamil. Terutama kehamilan pertama, biasanya ibu akan lebih banyak kekhawatiran disebabkan minimnya pengalaman.
            Katanya, kita harus datang ke dokter gigi untuk merawat gigi secara berkala. Tapi kira-kira berapa persen ya orang yang melakukanya? Saya tak bisa menebak tapi yang jelas orang-orang yang saya kenal tak ada yang rutin melakukannya. Artinya hanya datang ke dokter gigi saat ada keluhan.
Coba kita bandingkan, saat seorang wanita hamil, ia akan rutin memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan atau bidan, ada atau pun tak ada keluhan. Bahkan saat tak ada dana pun memaksakan diri, setidaknya itulah yang saya alami. Artinya apa? Artinya seorang wanita hamil selalu ingin memastikan bahwa kandungannya baik-baik saja. Ia rela melakukan pengorbanan dana dan tenaga untuk melakukannya.
Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh ibu hamil adalah, apa saja makanan yang sehat untuk ibu hamil? Mengingat ibu hamil dalam kondisi istimewa, sehingga dia tak boleh sembarangan memasukkan makanan atau minuman sesuka hati. Ia harus memikirkan juga kesehatan janinnya.
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah kurma. Buah asli Timur Tengah ini dalam setiap butirnya mengandung sangat banyak nutrisi yang sangat bagus buat ibu hamil. Kelebihan lainnya adalah sangat praktis, ibu hamil bisa membawa beberapa butir dalam wadah kecil saat ingin keluar rumah. Tak perlu memakai alat makan, tinggal hap masuk mulut maka ibu sudah mendapatkan nutrisi yang banyak.  
Selain itu, jika ibu hamil bosan menyantap langsung, kurma lezat juga diolah menjadi makanan atau minuman (insya Allah pada artikel berikutnya akan dibahas khusus). Misalnya dibuat jus, puding, kue, bolu, atau dicampurkan sama makanan lain.

Lalu, apa sajakah manfaat kurma sebagai makanan sehat untuk ibu hamil dan janinnya?
pixabay.com


v  Menyediakan energi
Semua ibu hamil saya yakin menginginkan proses melahirkan yang cepat dan mudah. Sayang sekali kita tidak bisa memprediki akan seperti apa proses melahirkan nanti. Apakah mudah atau sulit, apakah cepat atau lama. Jangan jauh-jauh, dari pengalaman saya saja misalnya, saat hamil anak ketiga banyak masalah yang terjadi pada kandungan. Tetapi alhamdulillah saya bisa melahirkan lancar dan normal padahal dari awal sudah disiapkan buat operasi sesar. Sebaliknya, anak kedua saya merasa sehat dan tak ada masalah dengan kandungan saat diperiksa. Ternyata, saya harus melahirkan prematur dengan janin berat badan rendah.
Maksud saya, ibu hamil harus menyiapkan energi yang banyak agar siap menghadapi proses melahirkan yang bagaimana pun. Untuk itulah ibu hamil perlu mengonsumsi kurma. Di samping selama kehamilan, dengan janin di perut, ibu hamil pun memerlukan energi tambahan. Dengan mengonsumsi tujuh butir kurma setiap hari, ibu mendapat tambahan energi dengan gula alami tanpa kalori berlebihan.

v  Menjauhkan sembelit  
Ibu hamil seringkali mengalami sembelit. Mengonsumsi kurma secara rutin akan membantu ibu mendapatkan serat untuk mencegah terjadinya sembelit. Sangat tidak nyaman berlama-lama di toilet apalagi dengan perut besar, bukan?
Alhamdulillah saya sudah merasakan khasiatnya saat kehamilan keempat. Saat rajin makan kurma BAB lancar jaya, tapi saat saya beberapa hari malas makan kurma jadi sembelit. Sejak itu saya bertekad tak boleh malas makan kurma karena saya sendiri yang merasakan keuntungannya.

v  Mencegah bayi lahir cacat
pixabay.com
setiap ibu mendambakan janinnya lahir sehat

Dokter kandungan atau bidan selalu meresepkan pil asam folat untuk ibu hami. Ternyata, kurma mengandung asam folat alami. Asam folat ini penting sekali bagi ibu hamil agar janinnya terhindar dari lahir cacat. Mengonsumsi kurma akan melindungi otak dan saraf tulang belakang janin.

v  Mencegah anemia yang sering diderita ibu hamil
Ibu hamil terutama hamil muda rentan sekali menderita anemia. Anemia terjadi karena ibu kekurangan zat besi. Ibu hamil biasanya lebih lemas dari biasanya, tetapi ibu yang menderita anemia lemas dan pusing terus menerus. Hal ini tentu saja tidak baik untuk ibu maupun janin.
Mengkonsumsi kurma secara rutin tujuh butir sehari akan membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan zat besi agar terhindar dari menderita anemia.

v  Menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi
pixabay.com
tulang kuat anak sehat

Magnesium serta mineral essensial merupakan pembentuk struktur tulang dan gigi bayi. Nah, kurma mengandung keduanya. Artinya, jika ibu hamil mengonsumsi kurma berarti ia memenuhi kebutuhan bayinya pada kedua hal tersebut. Tentu saja dengan harapan sang bayi akan memiliki tulang dan gigi yang kuat dan sehat.
Yang saya paparkan ini baru sebagian dari khasiat kurma, masih banyak lagi khasiat kurma sehingga dianggap sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

tag: kurma, ibu hamil, janin, khasiat kurma, 



38 komentar:

  1. Terima kasih sharingnya teh. Ternyata kurma banyak juga manfaatnya buat ibu hamil ya? Pas banget wawak hamil aku suka nyemilin kurma tapi gak boleh banyak2 sih. Dimarahin suami 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak banget manfaatnya. Lho, kenapa dimarahin suami? #jadi kepo

      Hapus
  2. Bumil termasuk yang musti berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi. Nah jika ada makanan berkhasiat dan penuh manfaat seperti kurma initentu akan baik sekali jika rutin dijadikan asupan.
    Masya Allah membaca khasiat kurma benar-benar bikin terpana...Terima kasih sharingnya, Mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba. Bumil tak bisa sembarangan makan.

      Sama2 mba :)

      Hapus
  3. Kurma yang banyak dipasaran skrg sudah ditambah pemanis, coba deh cek ingredients di kemasannya... Beda kalo kurma asli alami memang enak dan banyak khasiatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu, mba ... Kurma kami insya Allah langsung impor dari Madinah jadi lebih terjamin.

      Lho, malah promosi. Perasaan teh lagi balas komen di FB🙊

      Hapus
  4. Ternyata, kurma bagus jg utk bumil. Terima kasih infonya ya

    BalasHapus
  5. oalah, kurma tuh bisa mencegah bayi lahir cacat ya? Bagus banget manfaatnya saya baru tauuu. wah kalo aku hamil kudu banget nih makan kurma hehe, meski kurang suka, wkwk. Makasih sharingnya buuun ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe kurang suka mah bisa disiasati dengan dibikin jus, enak banget😍

      Hapus
  6. MasyaAllah emang penganan favorit nabi ini banyak banget yah khasiatnya selain menyehatkan ternyata banyak juga manfaat untuk bumil dan bayi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Mba ... Nabi tentu milih sesuatu yang baik-baik

      Hapus
  7. Kurma memang banyak sekali khasiatnya ya, untuk kesehatan dan terutama untuk ibu hamil. Bahkan kabarnya, pohon ini merupakan satu-satunya pohon yang akan tersisa di akhir zaman nanti, betul gak, Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya malah kudet mengenai pohon di akhir zaman itu

      Hapus
  8. Aku waktu hamil juga ngemilnya kurma mbak. Berasa bertenaga rasanya. Sekarang juga kadang masih ngemilnya kurma. Segitu banyak manfaatnya soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang buat booster ASI ya, Teh? Bagus juga buat ASI

      Hapus
  9. Kami selalu sedia kurma di rumah, walaupun bukan saat Ramadan. Ternyata memang khasiatnya istimewa.
    Makasih sharingnya Teh...

    BalasHapus
  10. Terimakasih infonya mbak.. selama ini saya kenal kurma muda penyubur yang kaya manfaat untuk kesuburan. Kalau yang matang bagus ya, buat bumil? Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diantaranya buat bumil. Buat yang sakit juga bagus

      Hapus
  11. Wah ternyata kurma banyak banget ya manfaatnya buat bumil. Dulu aku pas hamil nggak tahu hal ini. Kalau kontrol ke dokter sih rajin

    BalasHapus
  12. Sunah juga ya klo ga salah ya kurma ini. Manisnya kuat banget tapi nggak bikin gula darah cepet naik. Makanya bisa dikonsumsi segala usia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gulanya alami ... Kurma ajwa yg hitam itu buat penderita diabet juga boleh

      Hapus
  13. Nice sharing Mba. Bisa dibilang kurma seperti super food ya.

    BalasHapus
  14. baru tahu manfaat kurma buat janin. terima kasih infonya.

    BalasHapus
  15. Dan saya sudah membuktikannya. Tanpa makan nasi pun saat hamil kuat lho ngemil kurma. Hehe. Ceritanya gak doyan makan

    BalasHapus
  16. Saya paling suka kurma. Camilan enak di saat hamil. Bahkan sampai sekarang. Kalau terbangun malam hari dan lapar, pilih ngemil kurma 3 atau 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama ... Simpel dan langsung kenyang yaa

      Hapus
  17. Pas hamil anak kedua, salah satu yg saya syukuri adalah melewati Ramadan. Yes, soalnya mudah menemukan kurma. Alhamdulillah, sebulan penuh bisa ngerasain kurma Tunisia, favorit saya. Jus kurma Susu jadi menu rutin pas sahur. Alhamdulillah, jadi kuat puasa full sebulan. Di luar Ramadan, agak sudah sih dapetin kurma kalau gak ke Toko oleh2 Haji. Kalo sarikurma mah banyak di Ind*mar*t sini.
    TFS, Teteh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di luar Ramadhan masoh susah ya. Itu juga alasan saya bisnis kurma, buat memudahkan orang

      Hapus
  18. Sebenarnya demen banget sama kurma. Tapi terkadang rasa manisnya itu bikin ngilu di gigi. Tapi ngomong2 makasih infonya mbak. Baru tahu kalau kurma bagus untuk bumil

    BalasHapus
  19. Ternyata kurma banyak sekali manfaatnya ya, mbak. Bagus juga untuk orang hamil ternyata.
    Jadi orang yang sedang hamil lebih baik ngemil makanan yang sehat dan berkhasiat seperti korma ini. Terima kasih untuk sharingnya ya, mbak ��

    BalasHapus
  20. Betul mba ... Dopping sehat alami ...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Menikmati Surabi dengan Aneka Toping Menggiurkan

Setelah sekian lama merencanakan tapi gagal terus, akhirnya Sabtu kemarin kami jadi juga mengunjungi keluarga adik yang tinggal di daerah ...