Selasa, 08 Januari 2019

Kerjasama Ayah Ibu dalam Mengasuh Anak Membuat Semua Bahagia

pixabay.com
ayah dan bunda bekerjasama mendidik anak

Apakah Anda sering merasa sangat lelah saat mendidik anak-anak?
Apakah Anda merasa hanya sendirian mendidik anak-anak?
Apakah suami Anda berpikir tugasnya hanya mencari nafkah tanpa harus ikut terlibat mendidik Anak?

Allah berfirman, "Jagalah diri dan keluargamu dari api neraka." (QS. At- Tahrim:6)
Nabi bersabda, "Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya mengenai apa yang dipimpinnya."

Mari kita perhatikan ayat serta hadits di atas, apakah itu tertuju untuk para ibu saja? Bukankah seorang ayah itu pemimpin dalam keluarganya? Yang berarti dia akan dimintai pertanggungjawaban mengenai keluarganya serta ia memiliki kewajiban untuk menjaga keluarganya dari api neraka.

Jika demikian, jelas sekali bahwa para ayah pun memiliki kewajiban yang sama dengan para ibu untuk mendidik keluarganya. Dan alangkah lebih baik jika ayah dan ibu saling bersinergi dan bekerjasama dalam mendidik buah hatinya.

Sebuah keluarga yang ayah dan ibu kompak bekerjasama dalam mendidik anak memiliki keutamaan sebagai berikut:

1. Mengajarkan Pentingnya Kerjasama Team

Ayah dan ibu yang kompak, bekerjasama, saling mendukung dalam mendidik anak akan membuat anak memahami pentingnya kerjasama tim. Anak-anak tidak perlu dinasihati untuk belajar bekerjasama dengan teman atau saudaranya, karena mereka tinggal meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

2. Anak Mantap dalam Bersikap karena Hanya Memiliki Satu Patokan
Ayah dan ibu yang kompak dalam mendidik anak akan membuat anak mantap dalam bersikap. Mereka yakin apa yang dilakukan itu benar karena ayah dan ibu mengatakan hal itu benar.

Sebaliknya, ayah dan ibu yang tidak kompak dalam mendidik akan membuat anak bingung dalam bersikap. Ayah bilang boleh tapi ibu bilang tak boleh. Atau ibu bilang boleh tapi ayah bilang tak boleh. Akhirnya mungkin anak mencari tahu sendiri pada orang lain.

3. Anak Bangga pada Orangtuanya 
Ayah dan ibu yang bekerjasama dalam mendidik buah hatinya akan terlihat kompak dan harmonis. Hal ini akan membuat anak-anak bangga pada orang tuanya.

Rasa bangga dan bahagia itu akan membuat anak secara suka rela mengikuti nasihat atau bimbingan dari orang tua sehingga mendidik anak terasa lebih mudah.

4. Ayah Ikut Mendidik, Ibu pun Bahagia
pixabay.com
ayah harus ikut mengasuh && mendidik anak


Mendidik anak itu bukan hal yang mudah, diperlukan energi besar serta stok kesabaran yang banyak. Hal ini akan berkali lipat beratnya jika ayah tidak mau terlibat. Ibu akan merasa lelah jiwa dan raga.

Tetapi, jika seorang ayah terlibat dalam pendidikan anak, maka akan membuat istrinya lebih bahagia. Ia memiliki tempat sharing yang satu visi, serta memiliki motivator yang akan mendukungnya saat merasa lelah.

Selain itu, ayah yang mau bekerjasama dengan ibu untuk mendidik anak tentu saja akan membuat anak-anak merasa berharga dan disayangi. Perasaan berharga dan disayangi itu amat baik untuk membentuk jiwa anak yang baik. Semoga kita bisa menjadi ayah dan ibu yang bekerjasama dalam mendidik anak-anak.



tag, kerjasama, ayah bunda, mendidik anak, bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Resep Masakan Istimewa di Rumah Kami

  Kalau ditanya resep masakan istimewa di rumah kami, saya bingung menjawabnya. Pertama karena saya tidak mahir masak, saya hanya bisa m...