Minggu, 09 Desember 2018

Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIII, Hanya 45 Hari Lulusan STTB untuk Bekerja




Sabtu, 8 Desember 2018 Hotel Hariss and Conventional Festival Citylink menjadi saksi sebuah prosesi yang sangat didambakan oleh para mahasiswa, wisuda. Pada hari itu sekitar pukul Pukul 07.00-13.00 Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) menggelar wisuda XIII. Wisudawan berjumlah 183 orang yang terdiri dari 106 Sarjana Teknik Industri dan 77 Sarjana Teknik Informatika. Sampai saat ini SSTB telah meluluskan 1.355 sarjana.
Tarian pembuka

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjut dengan lagu mars STTB serta penampilan sebuah tarian pembuka dari UKM. Pada acara wisuda ini dilakukan juga penandatanganan MOU dengan beberapa lembaga, antara lain: PT POS, Bank Sampah Bersinar, Universtas Nasional PASIM, PT SLU, CMYK, serta HUNGCI TAIWAN.
Pada wisuda ini orasi ilmiah disampaikan dalam Bahasa Inggris oleh DR. Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research & Technology Development at Airbus yang berkantor di Singapura. Beliau datang ke Bndung secara khusus untuk berbicara di depan para wisudawan STT Bandung.
Orasi ilmiah

Sekilas Tentang STTB

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang memiliki motto Your Partner to Global Competition ini memiliki kampus di Jl. Soekarno Hatta no. 378 Bandung. Saat ini STTB memiliki lebih dari 90 orang lebih pengajar bergelar S2 dari dalam dan luar negeri. Memiliki 10 UKM dengan lebih dari 370 kegiatan mahasiswa sepanjang tahun. Untuk perkuiahan, STTB menyediakan gedung empat lantai dan lebih dari 25 ruang kuliah yang lengkap dan nyaman. Sebagai kampus Sekolah teknologi, STTB memberikan fasilitas up to 100 Mbps Bandwidth internet di lingkungan kampus. Pada tahun 2018 ini STTB menerima 1250 mahasiswa, 75 % diantaranya berasal dari Jawa Barat sementara sisanya berasal dari pulau lain di Indonesia bahkan ada yang berasal dari Malaysia dan Qatar.
STTB berdiri tanggal 05 Oktober 1991 dengan Nomor SK Dirjen DIKTI No:197/DIKTI/Kep/1992. Dengan jurusan yang dibuka saat itu Teknik Industri jenjang S1. Saat ini STTB memiliki tiga program study, antara lain: Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Desain Komunikasi Visual.
Para wisudawan STTB


Prestasi STTB

Dalam sambutannya, ketua STTB Bapak Muchammad Naseer S.Kom.,M.T. menyampaikan beberapa hal membanggakan mengenai mahasiswa STTB. Saat ini beberapa mahasiswa tengah mengikuti program internship di Taiwan dan menerima salary rata-rata 4-6 kali UMR Bandung. Beliau juga menambahkan bahwa hanya butuh waktu 45 hari saja bagi lulusan STTB untuk mulai produktif di dunia kerja. Banyak sekali permintaan tenaga ahli kepada STTB baik melalui surel maupun datang secara langsung. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan STTB sangat dibutuhkan keahliannya di dunia kerja. Bapak M. Naseer juga mengatakan bahwa tahun 2022 STTB akan Go University.
Ketua STTB Bapak M. Naseer

Hanya 45 hari alumni STTB langsung bekerja


STTB nampaknya memberikan perhatian khusus bagi mahasiswa maupun dosen yang mampu melakukan pengembangan teknologi. Misalnya, dalam acara wisuda disebutkan secara khusus salah satu wisudawan terbaik yang mampu membuat dan menghitung ulang tata letak sebuah pabrik hingga bisa membuat pabrik tersebut hemat hingga 25 jt rupiah/bulan.
Sebuah penghargaan telah diterima oleh STTB pada bulan Oktober 2018 berkat produk yang bernama Smart Kitchen System. Produk ini berhasil lolos dalam program calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi 2018.  
 Pada kesempatan ini diumumkan sebagai wisudawan terbaik STTB kali ini untuk program studi Teknik Informatika diraih oleh Iin Indrayani, S.Kom, sedangkan wisudawan terbaik program Teknik Industri diberikan kepada Srikanti Astuti, S.T.
Tina Sri Handayani S.Kom

STTB juga memberikan penghargaan kepada mahasiswanya yang berprestasi dalam bidang selain teknologi. Terbukti dengan mendapuk Tina Sri Handayani S.Kom sebagai pembicara mewakili para wisudawan. Tina adalah peraih  medali emas pada cabang olahraga (cabor) lari 200 meter, medali perak pada cabor lompat jauh, serta medali perunggu pada cabor lari 100 meter dalam event Paralimmpik Daerah (PEPARDA) V 2018).
Kami turut bersukacita untuk para wisudawan beserta keluarga. Selamat untuk Anda semuanya.


STTB, wisuda

4 komentar:

  1. Keren lulusannya 45 hari sdh bekerja

    BalasHapus
  2. salut buat STTB memperhatikan mahasiswanya hingga mendapat pekerjaan

    BalasHapus
  3. Ga butuh waktu lama untuk menganggur, lulusan STT Bandung sudah siap terjun dan disalurkan ke dunia kerja. Kereeeen.
    Selamat ya para wisudawan dan wisudawati

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Resep Masakan Istimewa di Rumah Kami

  Kalau ditanya resep masakan istimewa di rumah kami, saya bingung menjawabnya. Pertama karena saya tidak mahir masak, saya hanya bisa m...