Rabu, 21 November 2018

Umroh Pertamaku Bersama MIFA Tours, Nyaman dan Memuaskan


Ka'bah pusat ibadah umat Islam

Saya malu mengakui jika baru beberapa tahun terakhir ini sungguh-sungguh ingin umroh. Bukan sebelumnya tak mau, tapi niatnya kurang kuat. Ya alasannya sih karena anak-anak masih sangat kecil-kecil. Tiap suami umroh saya minta doa agar segera umroh juga. Begitu pula jika ada teman yang umroh. Tapi hanya sebatas itu tanpa aksi nyata.
Kadang saya sedih sendiri, kenapa orang lain kelihatan rindu sekali untuk segera ke baitullah tapi saya biasa-biasa saja. Rindu tapi tidak membara. Lalu suatu hari tiba-tiba saya menangis karena cemburu luar biasa sama suami. Saat itu dia tengah membimbing jama’ah umroh dan menceritakan kenikmatannya berdoa dan beribadah di sana. Saya pikir, suami bolak balik umroh, di sana dia berasyik masyuk dengan Sang Pencipta, tapi di sini saya hanya bergelut dengan urusan rumah tangga yang tak ada habisnya setiap hari. Menjaga rumah dan anak-anak.
Lalu awal tahun 2018 lalu muncul tekad yang kuat untuk bisa umroh segera. Ikhtiar pun mulai dilakukan meski sangat pelan. Saya mulai menulis beberapa artikel tentang umroh, berbisnis kurma dengan giat agar bisa nabung buat umroh, banyak diskusi tentang umroh dengan suami, dll. Saat itu saya belum ada gambaran pasti kapan bisa berangkat umroh.
Rupanya Allah melihat kesungguhan saya. Dia gerakan hati suami untuk mewujudkan cita-cita istrinya. Hasil menulis dan bisnis yang belum mencapai setengah harga umroh dia genapkan. Tentu saja segala perlengkapan dan bekal buat beli oleh-oleh pun dia donatur tunggalnya. Air mata saya tak dapat dibendung saat suami mengajak membuat paspor untuk daftar umroh.  
Saat ini travel yang menawarkan umroh banyak sekali. Di Bandung saja mungkin mencapai ratusan saking banyaknya. Berkali-kali saya mendapat penawaran dari teman atau kenalan di dumay. Dengan senang hati saya meminta informasi lengkapnya untuk dipelajari. Agak bingung juga memilihnya. Kalau bisa sih inginnya dapat fasilitas oke, ibadahnya sesuai sunnah, tapi harganya miring ehehe.
 Terpercaya
Setelah mengamati kasus penipuan oleh oknum travel umroh kami berkesimpulan bahwa syarat pertama saat memilih travel umroh adalah terpercaya. Dengan mempertimbangkan ini itu akhirnya kami memutuskan untuk memilih MIFA Tours dari PT. Fahmul Fauzi. Kami mengenal owner MIFA Tours, kantornya juga kami tahu, fortopolionya bagus, dan yang paling penting adalah mereka sudah memiliki izin resmi. Kalau sudah yakin terpercaya kan saya pun tenang, tinggal fokus mempersiapkan diri serta pernak pernik persiapan untuk keberangkatan.
di kantor MIFA Tours

MIFA Tours memiliki lokasi kantor di daerah Rancaekek. Jika dari kota Bandung masuk ke jalan Dangdeur menuju arah Majalaya, tepatnya JL. Rancaekek – Majalaya KM 2. Tempatnya antara Polsek Rancaekek dengan SDIT Qordova. Selain dari Bandung, jama’ah yang satu rombongan dengan saya pun banyak yang berasal dari luar daerah, yakni Padang, Karawang, Jogja, serta Jakarta. Untuk luar daerah, travel memberikan keringanan untuk melakukan manasik di daerah mereka, jadi tak harus repot datang ke Rancaekek. Begitu pula saat menuju bandara, bisa langsung janjian tanpa harus datang ke Rancaekek.
Dibimbing Sesuai Sunnah
Tujuan utama berangkat umroh tentu saja untuk beribadah, dan syarat diterima sebuah amal adalah niat yang ikhlas dan sesuatu contoh Rasulullah Saw. Sayang sekali pengorbanan yang kami lakukan, jika ibadah kami ternyata tidak sesuai contoh Nabi. Pembimbing umroh MIFA Tours ini kami kenal baik. Beliau satu almamater di pesantren sehingga kami yakin beliau akan membimbing ibadah kami sesuai sunnah Nabi. Beliau memaparkan rangkaian ibadah umrah serta hal-hal lain di tanah suci beserta hadits-haditsnya yang sahih.
Pembimbing tengah memberikan pengarahan 

Ini sangat amat penting. Bayangkan, jika kita beribadah tanpa mengikuti petunjuk Nabi dan hanya mengira-ngira kebaikannya berdasarkan nalar kita, bagaimana jadinya. Misalnya, mengecup hajar aswad itu baik jika kita mampu melakukannya, Nabi tidak mewajibkannya. Tetapi, di Ruknul Yamani Nabi mencontohkan hanya mengusapnya tetapi tidak mengecupnya. Jika kita mengecupnya maka itu termasuk berlebihan. Atau saat berada di Hijir Ismail, Nabi mencontohkan untuk berdoa bukan shalat di sana. Jika memaksa shalat di sana maka itu mendzolimi diri, kepala kita bisa terinjak-njak orang yang berdesakan ingin masuk ke sana. Pembimbing kami menjelaskan semuanya.
Kelebihan lainnya, pembimbing MIFA Tours juga pernah mukim beberapa tahun di kota Mekah untuk belajar di Universitas Ummul Quro. Ini sebuah nilai plus, beliau mengenal seluk beluk kota Mekah seperti mengenal seluk beluk kota Bandung. Sehingga beliau mengetahui hal-hal yang mungkin tidak diketahui pembimbing lain. Misalnya, saat ingin berbelanja di kota Mekah beliau mengajak kami ke pasar Kodi. Ternyata di sini kami mendapat harga yang lumayan miring setelah membandingkan dengan tempat lain. Kemudian saat mengunjungi kebun kurma, beliau yang fasih berbahasa Arab menawar harga untuk kami. Hasilnya, kurma nabi (ajwa) yang fresh, besar, dan dagingnya tebal itu bisa ditawar dari harga 70 real menjadi hanya 50 real saja perkilo. Padahal di tempat lain saya sudah membeli ajwa dengan kualitas di bawahnya dengan harga 60 real. Itu pun setelah diskon dari harga 65 real. Saat itu satu real sama dengan 4600 rupiah.
baca juga: https://www.dedehsriulfah.com/2018/12/tips-mendapat-oleh-oleh-murah-di-tanah.html
 Fasilitas Memuaskan
Sebelum berangkat kami mendapat fasilitas lumayan banyak. Koper besar, tas selempang, syal, mukena, kerudung, kain batik yang bagus untuk seragam, hingga bantal yang mirip ulat itu untuk tidur di pesawat. Sebelum berangkat tengah malam itu kami dijamu makan malam di kantor MIFA Tours.
Saat di tanah suci fasilitas yang kami dapatkan sangat memuaskan. Di Mekah kami menginap di hotel Pullman Zam zam. Jika Anda melihat foto Masjidil Harom dengan latar belakang tower tinggi banget dengan jam dinding besarnya di puncaknya, itulah Tower Zamzam. Hotel bintang lima ini persis berada di depan Masjidil Harom, halaman mereka nyambung. Bahkan, saat shalat fardu biasanya jama’ah luber hingga ke depan hotel kami. Artinya, tempat menginap kami itu sangat dekat sekali dengan Masjidil Harom. Sehingga kami biasa berangkat dengan teman sekamar perempuan semua, pukul dua dini hari untuk thawaf tanpa merasa takut di jalan.
Fasilitas hotel tempat kami menginaap di Mekaah

Beruntungnya lagi, fasilitas ini kami dapatkan dengan harga di bawah 30 jt. Padahal setahuku di travel lain umroh dengan fasilitas hotel ini ditawarkan di atas angka 30 jt. Saat pulang barulah pemilik travel buka kartu, ternyata mereka mendapat promo dari hotel, dan promonya itu mereka berikan sebagai diskon bagi para jama’ah. Alhamdulillah, baik sekali beliau.
Di Medinah kami menginap di hotel Al Harom. Termasuk bintang lima juga meski untuk ke Masjid Nabawi tidak sedekat jarak Tower Zam zam ke Masjidil Harom.
 Ziarah
Dulu saya berpikir bahwa ziarah itu termasuk fasilitas yang diberikan oleh travel manapun. Ternyata tidak semua travel memberikannya, seperti saat adikku umroh dengan travel lain contohnya. Alhamdulillah kami mendapatkannya. Saya merasa beruntung dapat mengunjungi jejak-jejak perjuangan Rasulullah. Saat melihat langsung tempatnya terbayang bagaimana perjuangan Nabi dan para sahabat zaman dulu. Saat mengunjungi Gua Hira saya merasa terharu, betapa Nabi melewati jalan yang sangat terjal itu seorang diri untuk ber-tahanuts. Saat mengunjungi Jabal Uhud terbayang di tempat itulah dulu Nabi mengatur strategi dengan menempatkan para pasukan pemanah. Lalu saat mengunjungi Khandaq, terbayang di sanalah dulu Nabi dan para sahabat menggali parit dalam keadaan lapar dan panas, demi mempertahankan negara dan agama. Saat melewati tempat-tempat ibadah haji (Mina, Arofah, Muzdalifah) saya merasa semakin rindu untuk segera melaksanakan ibadah haji. Kunjungan kami semakin bermakna karena pembimbing memaparkan sejarah tempat-tempat yang kami kunjungi beserta hikmahnya.
Berfoto bersama seluruh rombongan saat berziarah

Alhamdulillah akhirnya saya selesai mengikuti rangkaian perjalanan umroh bersama rombongan MIFA Tours ini dengan perasaan puas dan senang. Saya kira fasilitas yanag diberikan kepada kami selesai sampai kami tiba di bandara Soekarno Hatta. Ternyata, kami dijemput oleh pihak travel -termasuk ownernya- lalu beristirahat sejenak di rest area. Nah, di sini ternyata kami dijamu kembali dengan hidangan yang sangat menggugah selera. Rasanya kangen sekali saat disodori  nasi pulen plus sambal terasi khas masakan Sunda. Ditambah sate maranggi yang terkenal itu plus goreng burung dara dan ayam yang gurih membuat kami semua kekenyangan. Ternyata, katanya ini tempat langganan travel menjamu para tamu Allah yang baru kembali ke tanah air.
Alhamdulillah, secara umum saya merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas dari MIFA Tours. Jika Anda penasaran, silahkan hubungi langsung atau boleh juga saya bantu sambungkan. Kalau tak salah bulan Ramadhan MIFA Tours juga membuka pendaftaran umroh sekitar 34 jt. Termasuk murah untuk fasilitas yang ditawarkannya. Semoga bermanfaat.



Top of Form


Umroh, Umroh nyaman, umroh memuaskan, fasilitas umroh, pengalaman umroh

47 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa sampai Mekkah ya nunda, kapan ya saya bisa menyusul kesana. Mifa bisa jadi salah satu tour yang patut dipertimbangkan nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba alhamdulillah sekali :) Insya Allah segera, yang penting niatnya kuat ...

      Hapus
  2. Bersyukur mb umrohnya lancar. Mg2 saya bisa menginjak tanah suci juga. Aamiin

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat sekali informasinya sehingga bisa menjadi referensi bagi yang akan beribadah umroh dengan aman dan nyaman

    BalasHapus
  4. Masya Allah, barakallah ya mbak... Pengen banget ke sana... Semoga Allah mudahkan kita ya berhaji dan umroh ke Baitulloh... Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin ... insya Allah, Mba Allah akan memudahkan langkah setiap yang bersungguh-sungguh :)

      Hapus
  5. Saya terharu membacanya, Mbak. Betapa perjuangan Nabi sungguh berat saat itu. Semoga Allah mudahkan saya untuk berkunjung ke Baitullah. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mba kita jadi lebih menghayati perjuangan Nabi. Amiin

      Hapus
  6. MasyaAllah senangnya Teh bisa Umroh dan napak tilas perjuangan Rasulullah saw. Btw...keren banget bisa menginap dekat dengan Ka'bah. Kami waktu itu jauuuh, agak di luar kota. Jadi harus pakai bus shuttle dari hotel. Free sih. Tapi kurang jos aja rasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mendapat kemudahan, Bu. Bu Hani apalagi bisa dapat free😊

      Hapus
  7. Alhamdulillah, bisa mengerjakan ibadah umroh ya,Mba. Semoga kami juga bisa menyusul ke sana.

    BalasHapus
  8. subhanallah, merinding saya bacanya mbak, pengeeen banget bisa kesana. makasih banget infonya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allah mudahkan cita-cita mba Narti ...

      Hapus
  9. Masya Allah, saya selalu senang dg kisah perjalanan umrah seperti ini. Pingin sekali bisa segera pergi ke sana. Pasti akan jadi kisah tak terlupakan yg semakin menguatkan iman. Baarakallah, Teteh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mba. Apalagi saat mengalaminya sendiri. Aamiin

      Hapus
  10. Subhanalloh,bersyukur ya, Mbak suami memberikan hafiah yang tak terkira. Semoga rezeki umrohnya menular ke saya, Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ... Saya sampai nangis terharu. Alhamdulillah. Mba Damar juga insya Allah segera berangkat😊

      Hapus
  11. Alhamdulillah sudah bisa menjalankan ibadah umroh ya mbaak. Aku malah belum pernah sama sekali nih huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah secepatnya asal niatnya kuat😊

      Hapus
  12. Alhamdulillah bisa umroh sekalian ziarah ya Mbak..Terima kasih untuk infonya, bisa jadi referensi untuk memilih travel umroh nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Mba ... Semoga bermanfaat😊

      Hapus
  13. MasyaAllah ... Belum pernah ke Baitullah pasti rindu ingin kesana. Sudah pernah ke Baitullah, pasti rindu ingin kesana lagi. Apalagi di sana rasanya betah, ya. Hidup hanya diisi dengan ibadah. Sejuk dan damai rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba ... Baitullah itu punya magnet tersendiri

      Hapus
  14. Bersyukur ya mbak, bisa berjalan dengan lancar untuk ibadah umrohnya. :)

    BalasHapus
  15. Udah ada di daerah lain jg belum y mb
    Saya pengin umroh jg tp anak masih 19 bulan
    Masih maju mundur jdny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travel Mifa tours ini banyak juga peserta dari luar daerah.

      Hapus
  16. Subhanallah.... Fasilitas nya memang Oke ya mbak dengan harga di bawah 30 juta....jadi mupeng...

    Sukses terus untuk mbak Dede....

    BalasHapus
  17. MasyaAllah...kebita bangeeet...semoga saya pun bisa disegerakan dan dimudahkan untuk pergi ke tanah suci

    BalasHapus
  18. Masya Allah, bacanya merinding banget mbaaa. Ya Allah semoga aku dan suami bisa beribadaha di Baitullah tahun depan. Aamiin

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah bisa ke Baitullah. Smg suatu saat sy bs juga ke sana

    BalasHapus
  20. Ya Allah, baca artikel ini Salbiah jadi tambah kangen dengan ibadah umroh. Kapan yah, bisa seperti mbak. Meski direncanakan yah mbak. Doakan ya mbak suatu saat bisa ikut umroh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mesti diniatkan sungguh-sungguh, Mba ...

      Hapus
  21. Subhanalloh,, barokalloh mb sdh umroh lanjut haji smoga dimudahkan
    Dan smga saya dan ibu diberi Allah rezki umroh dan haji
    Aamiin 😇

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ya mbak bisa menapaki bumi tempat rasulullah berjuang. Semoga saya disegerakan berdoa di sana mifa tours termasuk travel yang perlu jadi pertimbangan tinggi nih

    BalasHapus
  23. Makasih ulasannya mbak.. memang salah satu kriteria penting memilih biro umrah dan haji adalah tata caranya harus sesuai sunnah nabi

    BalasHapus
  24. Masya Allah, selalu banyak keajaiban ya mbak berkaitan dgn ibadah ke Baitullah. Saya pun nggak nyangka impian ke Baitullah 10 tahun lalu Allah wujudkan dgn caranya yg ajaib di tahun ini. Cuma dalam 3 minggu saya bisa berangkat tanpa persiapan apa². Nangiss terus klo ingat itu.
    Semoga umroh mba Dedeh mabrur & Allah mudahkan segera berhaji. Aamiin.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah bisa pergi umroh dengan biro perjalanan yang bisa dipercaya dan amanah, ya Mbak. Sangat bermanfaat infonya di tengah maraknya biro perjalanan umroh yang bermasalah. Sayang MIFA Tours ini nggak ada di Jakarta, ya....

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIII, Hanya 45 Hari Lulusan STTB untuk Bekerja

Sabtu, 8 Desember 2018 Hotel Hariss and Conventional Festival Citylink menjadi saksi sebuah prosesi yang sangat didambakan oleh para...