Senin, 07 Agustus 2017

MUMU MUSANG DAN GENDANG

1.      MUMU MUSANG DAN GENDANG
“Buumm…buumm…”
Terdengar suara yang sangat keras dikejauhan. Mumu musang yang tengah bersantai di sore hari sangat kaget dan menjadi penasaran. Ia berniat mencari sumber suara.

Mumu musang berjalan hingga sampai pada sebatang pohon rindang di pinggir hutan. Di atas pohon itu ada sebuah gendang yang menggantung. Gendang itu diikat kuat dengan akar pohon yang besar diantara ranting. Angin yang berhembus cukup kencang menggerakkan ranting yang ada di depan gendang itu. Alhasil, gendang itu terpukul dan berbunyilah ia dengan bunyi yang bergemuruh seperti bunyi gendang kerajaan saat hendak disampaikan pengumuman.
Mumu musang mengira gendang yang besar itu sebagai tempat makanan.
“Wah, nampaknya aku akan makan besar hari ini, kira-kira makanan apa ya isinya?” pikir Mumu musang sambil membayangkan daging segar yang banyak.
Dengan tak sabar Mumu musang segera menaiki pohon lalu merobek gendang besar itu. Namum betapa kecewanya ia karena di dalam gendang itu tidak ada apapun apalagi makanan seperti harapannya. Ia segera turun kembali lalu mondar mandir kebingungan sambil bicara pada dirinya sendiri.
“Aku tidak mengerti, barangkali sesuatu yang paling lemah adalah yang bersuara paling keras dan bentuknya besar.”

***Hadits Nabi saw.“Aku jamin rumah didasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah ditengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaqnya.” (HR Abu Daud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Aktualisasi Diri Ibu Rumah Tangga Bersama ASUS

              Salah satu hal yang paling saya syukuri dalam hidup adalah memiliki ayah yang sangat mencintai buku. Tinggal di kampung ...