Senin, 07 Agustus 2017

KURMA BERBUAH SETAHUN DUA KALI


Suatu hari raja Persia melewati seorang kakek tua renta yang sedang menanam pohon kurma, padahal umurnya telah mencapai delapan puluh tahun. Sang raja bertanya dengan heran.
"Apakah engkau ingin makan dari buah kurma ini, sedangkan kurma itu tidak berbuah kecuali setelah beberapa tahun?"
Si kakek menjawab, "Wahai raja yang berbahagia, leluhur kami menanamnya dan kami yang memakannya, apakah kami tak boleh menanamnya untuk dimakan keturunan kami?"
Sang raja berkata, "Engkau benar!"
Raja pun memberikan kepada orang tua itu uang dinar.
Orang tua itu mengambilnya sambil berkata, "Wahai raja yang mulia, alangkah cepatnya pohon kurma ini berbuah!"
Sang raja merasa takjub dengan jawaban orang tua itu, ia berkata, "wow!" dan memberikan sekeping dinar lagi.
Si kakek mengambilnya sambil berkata, "Wahai raja yang agung, lebih menakjubkan dari apapun, bahwa pohon kurma ini berbuah setahun dua kali."
Maka sang raja bertambah takjub dan memberikannya satu dinar lagi.
            Selanjutnya mereka melanjutkan percakapan, dan raja itu mulai bertanya kepada kakek itu mengenai teknik penanaman, seolah-olah ia memeliharanya dari kecil, senantiasa memeliharanya hingga terbenam matahari, maka raja bangkit berpaling dan berdo`a untuk orang tua itu supaya dipanjangkan usianya dan mereka kembali bertemu.

***Rasulullah saw. bersabda, “orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada orang mukmin yang lemah. Masing-masing ada kebaikannya. Bersemangatlah untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirimu, serta mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah lemah! (al hadits).”
 ***Tidak ada yang lebih baik bagi seseorang yang makan sesuatu makanan, selain makanan dari hasil usahanya. Dan sesungguhnya Nabiyullah Daud as, selalu makan dan hasil usahanya”. (HR. Bukhari)

            ***Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda : “Jika seorang manusia mati, terputus darinya ‘amalnya kecuali dari 3 (perkara) : Shodaqoh jariyah, atau ‘ilmu yang bermanfa’at, atau anak sholeh yang berdo’a baginya”. (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Aktualisasi Diri Ibu Rumah Tangga Bersama ASUS

              Salah satu hal yang paling saya syukuri dalam hidup adalah memiliki ayah yang sangat mencintai buku. Tinggal di kampung ...