Senin, 07 Agustus 2017

DADA KUDA YANG RAJIN DAN BIJAK

1.       
Baba babi dan Dada kuda adalah dua ekor hewan yang bersahabat. Mereka tumbuh dan hidup dalam satu kandang hingga keduanya menjadi jinak.
Suatu hari Baba babi yang gemuk tak dapat lagi menyimpan rasa penasarannya terhadap sahabatnya, maka ia pun bertanya.
“Sahabatku boleh aku bertanya sesuatu padamu?”
Dada kuda menjawab keheranan, “Tentu saja boleh, memangnya apa yang mau kau tanyakan?”
 “Kenapa aku selalu melihatmu selalu bahagia, rajin dan kuat bekerja? Padahal majikan kita selalu membuatmu sibuk dengan pekerjaan, baik membajak, menjadi tunggangan, menarik alat penyiram maupun urusan sulit dan hina lainnya.”
Baba berhenti sebentar mengamati reaksi sahabatnya Dada. Namun ia melihat Dada biasa saja, maka ia melanjutkan, “Sedangkan aku banyak istirahat, banyak makan dan banyak tidur, namun semua itu aku rasakan telah membuat badanku lemah, dadaku sumpek, dan hatiku sedih. Berilah aku saran untuk pemecahan masalahku ini dan aku akan sangat berterimakasih dan membalas kebaikanmu.”
            Dada kuda yang bijak itu berkata, “Penyebabnya telah jelas, apakah kamu tidak tahu bahwa sumber kesedihan dan berkumpulnya penyakit itu datang dari perut dan kelalaian? Sedangkan sumber kegembiraan dan kesempurnaan sehatnya seseorang akan datang dari sedikitnya makan dan banyaknya kesibukan?”
***  Firman Allah swt. “Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan". (Q.S. At Taubah : 105)
***Dari Abu Hurairoh ra, dia berkata: “Rosululloh SAW bersabda: “Sebagian tanda dari baiknya keislaman seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat.” (HR.Tirmidzi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Pengalaman Diterapi Akupuntur, Lebih Sakit Mana: Jarum Suntik VS Jarum Akupuntur?

  sumber gambar: wub.bandung.go.id Saya sebenarnya orang yang amat takut pada jarum suntik. Saking takutnya sampai-sampai bal...