Sabtu, 27 Januari 2018

Jika Anda Sakit Ringan Pergilah ke Dapur


Ungkapan: jika sakit berlanjut hubungi dokter sudah akrab di telinga kita. Nah, saya bikin versi lain: jika sakit ringan pergilah ke dapur.

Hehe maaf becanda ya …. Eh, tapi ini betulan lho kalau Anda perhatikan dapur kita itu penuh dengan obat alami. Kelebihan obat tradisional ini yang tentu saja bebas efek samping. Saya termasuk yang mempercayai dan menggunakannya.

Saya ingat waktu kecil dulu kalau kening benjol karena kejedot dinding atau lutut luka karena jatuh, nenek langsung ngunyah beras sama kencur dan setelah halus diteplokkan ke tempat yang luka. Alhamdulillah, lukanya cepat sembuh tanpa bekas. Memang sih agak sedikit ribet dibandingkan dengan obat merah. Saya juga pernah jari terkena pisau hingga darah mengalir terus. Lalu kakek ngambil entah rumput apa, getahnya dikucurin ke jari yang luka tersebut. Rasanya perih sekali membuat saya nangis hingga tertidur. Ternyata pas bangun lukanya sudah sembuh, dagingnya pun sudah menyatu kembali. Alhamdulillah.

Jadi, kalau sekedar sakit ringan, sebaiknya coba tangani dulu di rumah, kalau sakit berlanjut barulah datang ke dokter. Sebenarnya, tidak setiap penyakit harus diobati dengan obat dokter. Beberapa penyakit ringan masih bisa diobati dengan apa yang ada di rumah. Bukankah Indonesia ini kaya sekali dengan tanaman obat? Coba pergi ke dapur, di sana Anda akan menemukan banyak potensi obat tradisional.



Berikut beberapa cara tradisional sederhana untuk mengobati penyakit ringan:
·       
         Demam

Saat Anda merasa demam atau anak-anak demam jangan langsung dibawa ke dokter. Cari dulu penyebabnya, apakah karena flu atau batuk atau apa? Demam itu bukan penyakit, tetapi indikator adanya sebuah penyakit.
Cara menurunan demam: seduh satu sendok plastik madu dengan air suam kuku. Kocek ke kiri sekitar satu menit. Kemudian ambil seruas jari kunyit, kupas dan cuci, lalu siram dengan air matang. Parut kunyit, beri air hangat sedikit, lalu peras airnya dan campurkan ke dalam air madu. Minumkan kepada si sakit.
·    
        Flu

Flu itu berkurangnya daya tahan tubuh, maka penting sekali untuk menguatkannya. Saat Anda terserang flu, usahakan makan dan minum air hangat yang banyak. Pakai pakaian yang hangat juga termasuk kaus kaki. Jangan lupa untuk banyak istirahat. Selain itu, buatlah sup ayam dan sayuran dengan memperbanyak merica dan bawang putih. Makanlah selagi sup masih panas. Seduhan madu dengan air hangat juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


·
         Batuk

Terserang batuk memang menjengkelkan, tidur pun terganggu karena batuk-batuk. Apalagi mendengar suara batuk anak yang tak henti, rasanya tak tega untuk tidak segera membawanya ke dokter.

Tenang, coba tengok dulu di dapur apakah ada kencur? Air kercur akan membuat hangat tenggorokan dan meredakan batuk yang membandel. Cara membuatnya, ambil satu jempol kencur, cuci bersih lalu siram dengan air hangat matang. Parut kencur, kasih air hangat sedikit saja, lalu diperas. Perasan air kencur berikan pada si sakit sehari tiga kali.
·       
          Masuk angin

Jika masuk angin, balur seluruh badan dengan minyak zaitun sambil agak digosok. Meski dipegang tidak terasa hangat, tapi sebenarnya zaitun akan menghangatkan badan. Setelah itu pakai baju hangat termasuk kaos kaki. Minum rebusan jahe. Cara membuatnya mudah: cuci tiga jari jahe, geprek, rebus agak lama lalu masukkan gula aren. Setelah minum jahe biasanya Anda akan bersendawa mengeluarkan angin.




Jadi ternyata obat tradisional itu sangat bermanfaat ya untuk menolong sakit ringan. Pengetahuan ini akan membuat Anda tidak cepat panik ditambah dapat berhemat. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Jika Anda Sakit Ringan Pergilah ke Dapur

Ungkapan: jika sakit berlanjut hubungi dokter sudah akrab di telinga kita. Nah, saya bikin versi lain: jika sakit ringan pergilah ke da...