Minggu, 05 November 2017

Tips Sukses Menyusui



Saat ini Si Bungsu sudah 20 bulan, berarti saya hanya punya waktu empat untuk menyusuinya. Terus terang, saya agak mellow mengingatnya. Berarti tak akan ada lagi momen spesial itu. Saat Si Kecil menempel rapat di dada, saat ia hanya bisa tidur jika bersama saya, saat bermain mata sambil dia ngeASI, dan saat-saat lainnya yang spesial hanya untuk ibu dan buah hatinya saat menyusui..  
Berbicara soal menyusui, memang bukan hanya saat-saat bahagia yang saya rasakan. Ada juga saat galau karena ASI tak segera keluar, atau ASI keluar hanya sedikit. Juga ada saat-saat menyusui menjadi saat yang menyiksa disebabkan putting yang lecet bahkan berdarah.

Saya pernah mengalami puting lecet hingga berdarah saat menyusui Si Sulung. Dia tumbuh gigi dari usia enam bulan. Nah, puting lecet itu semakin terasa menyiksa jika bertemu dengan gigi bayi. Saat bundanya meringis atau bahkan menangis, bayi malah tertawa senang karena dikiranya saya menggodanya. Maka makin senanglah ia memainkan giginya sambil menyusu. Maka saat menyusui pun menjadi saat yang agak ‘horor’ buat saya. Tapi demi si buah hati, tetaplah ASI saya berikan. Saat itu saya belum mengetahui cara terbaik untuk menyembuhkannya.

Buat ibu muda tengah hamil dan akan segera menyusui bayi pertamanya, saya share sedikit ilmu menyusui ya, semoga bermanfaat J

1.       Miliki ilmunya

Dalam segala hal ilmu itu selalu penting, begitu pula ilmu menyusui. Sebelum masa menyusui tiba, cari ilmu cara menyusui yang benar, apa manfaat menyusui buat ibu dan bayi agar lebih bersemangat, bagaimana supaya produksi ASI lancar, dan sebagainya. Jika ada kendala seperti puting rata, ASI tidak keluar, dan sebagainya, konsultasikan dengan ahlinya.

2.       Berusaha untuk tenang 

Konon katanya, ketenangan ibu itu sangat berpengaruh pada produksi ASI. Ibu yang stress tidak akan bisa menghasilkan ASI yang banyak. Rajin-rajinlah membaca Al Quran atau berdzikir supaya ibu selalu merasa tenang. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan terasa tenang.

3.       Bertekad kuat

Tekad yang kuat sangat dibutuhkan oleh ibu yang ingin memberikan ASI kepada buah hatinya dengan sempurna. Godaan yang berat terutama jika ibu bekerja atau tinggal dekat dengan keluarga besar. Saat ASI belum keluar di hari pertama dan bayi menangis, biasanya keluarga langsung heboh dan memberi si bayi susu formula. Begitu pula jika setelah menyusu dan bayi masih menangis, mereka suka berinisiatif memberikan susu formula. Apalagi jika aibu bekerja dan bayi dititipkan. Karena itu, ibu harus benar-benar memiliki ilmu serta tekad yang kuat untuk berhasil menyusui buaha hatinya.

4.       Minum dopping alami

Ibu hamil harus menjaga makanannya, jangan sembarang makan hanya untuk memuaskan lidah. Makanlah makanan yang halal dan thoyyib. Status kehalalan makanan itu penting agar anak tumbuh menjadi anak yang saleh.  Biasanya, ibu hamil cenderung lebih mudah lapar. Padahal ia mungkin kesulitan untuk sering memasak, karena Si Kecil terus menyusu. Karena itu, ibu menyusui perlu minum dopping alami seperti madu, sari kurma, serta kurma. Minuman dan makanan tersebut mudah dikonsumsi serta cepat memberikan  

5.       Saat puting lecet gunakan produk yang aman untuk ibu dan bayi

Puting lecet dan berdarah kadang tak dapat dihindarkan, tapi ibu jangan menghentikan pemberian ASI. Pilihlah produk yang aman agar segera sembuh dan ibu dapat kembali menyusui dengan nyaman.
Saat ini ada produk ‘Lip Eye Nipple Butter’ dari Aquila. Ini bisa ibu gunakan untuk menyembuhkan puting yang lecet atau berdarah. Insya Allah aman meski tertelan bayi. Kabarnya, owner Aquila yang tengan menyusui bayinya itu, membuat dan mencoba sendiri produknya sebelum dilempar ke pasar. Tidak mungkin kan beliau akan membahayakan bayinya sendiri?


Selain itu, Aquila sudah mendapatkan White Flower Label. White Flower Label ini menjadi tanda untuk menjamin dan menjaga kualitas produk organik sesuai standar yang ada.
Kalau ibu masih punya Lip Eye Nipple Butter padahal bayi sudah tidak menyusu, manfaatkan saja untuk melembabkan bibir yang pecah-pecah, atau kaki yang pecah-pecah, bisa juga untuk mencerahkan bibir yang gelap karena lipstip. Multi pungsi yaa J



Nah, sekarang ibu tidak usah khawatir lagi saat menyusui, miliki ilmunya dan berikan yang terbaik untuk buah hatinya. Semoga berhasil J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Jika Anda Sakit Ringan Pergilah ke Dapur

Ungkapan: jika sakit berlanjut hubungi dokter sudah akrab di telinga kita. Nah, saya bikin versi lain: jika sakit ringan pergilah ke da...