Senin, 07 Agustus 2017

RUMAH BERANG BERANG


Dua ekor berang-berang bermaksud membuat sarang di sebuah sungai pinggir hutan. Rungrung dan Rangrang punya pendapat yang berbeda, Rungrung yang pemalas mengusulkan membuat untuk membuat bendungan dan sarang alakadarnya saja yang penting bias ditinggali oleh mereka. Namun Rangrang punya pendapat lain, menurutnya mereka harus membuat bendungan yang dalam dan kokoh. Setelah adu argument akhirnya meski dengan setengah hati Rungrung pun menyetujui pendapat Rangrang. Selama bekerja ia melakukannya dengan malas-malasan dan banyak alasan untuk sering istirahat. Karena cape menasihati Rangrang pun membiarkannya.
Sarang yang kokoh pun selesai degan bendungan yang dalam, mereka menempatinya dengan gembira. Beberapa minggu kemudian dating musim dingin. Air bendungan menjadi beku, mereka terperangkap di dalam sarang sementara makanan sudah habis. Rungrung menjadi sangat panik sementara Rangrang tenang-tenang saja. Ia berusaha memecahkan es pada permukaan bendungan dan berhasil hingga mereka bias berenang dan keluar sarang. Rangrang menjelaskan, itulah gunanya membuat bendungan yang sangat dalam, yakni supaya saat musim dingin hanya air bagian atas saja yang membeku sehingga mereka bias memecahkan esnya karena bagian bawahnya tetap cair. Rungrung baru mengerti dan ia meminta maaf akan kemalasannya selama ini.
                        ***Di antara kebahagiaan seorang muslim ialah mempunyai tetangga yang shaleh, rumah yang luas dan kendaraan yang meriangkan. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

                        ***firman Allah Swt, berikut: “Dan berdoalah, Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan engkau adalah sebaik-baiknya yang memberi tempat.” (Q.S. Al-Mu’minun 23:29).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Jika Anda Sakit Ringan Pergilah ke Dapur

Ungkapan: jika sakit berlanjut hubungi dokter sudah akrab di telinga kita. Nah, saya bikin versi lain: jika sakit ringan pergilah ke da...