Jumat, 04 Agustus 2017

Boardbook, Solusi Membuat Balita Akrab dengan Buku Tanpa Khawatir Buku Sobek

Boardbook, Solusi Membuat Balita Akrab dengan Buku Tanpa Khawatir Buku Sobek

Alhamdulillah Kamis kemarin akhirnya kami bisa ke pameran buku bertiga saja. Saya, suami, dan si Bungsu. Biasanya rombongan berenam. Biarlah, sesekali anak-anak nggak ikut, dibeliin saja buku kesukaannya. Toh mereka juga sering diajak ke pameran buku atau toko buku. Ceritanya lagi ngirit ini. Masalahnya, kalau semua diajak, pengeluaran buat jajan dan makan bakal habis berkali lipat dari belanja bukunya.

Sampai tempat pameran, kami langsung menyusuri stand demi stand. Inginnya memborong buku sampai mobil penuh, apa daya anggaran dan waktu buat membacanya terbatas. Tiba di stand Sygma saya ingat kalau buku Balita Berakhlak Mulia dan dinanti-nantikan berbulan-bulan itu sudah ready. Kebetulan sekali, saya ingin melihat penampakannya. Tak lupa minta izin sama yang tengah jaga stand buat jeprat-jepret difoto.

Adduh menarik sekalii... Khalifa pun asyik melihat-lihat bukunya.
  
Sayang sekali saya masih ikut arisan beberapa bulan lagi buku Sygma lainnya. Coba kalau tidak, tentu sudah pesen buku BBM ini buat Khalifa. Buku BBM kan bentuknya boardbook, jadi amanlah buat bayi. Tebal bukan hanya covernya, tapi semua halamannya. Tidak khawatir sobek dan kalau kena air tinggal dilap aja, beres.

Kok tahu? Tahu doong, saya kan punya boardbook dari penerbit lain dengan tema yang lain pula. Nah, BBM ini kelebihannya selain bentuknya boardbook, isinya juga sangat keren yakni akhlak Nabi Muhammad dalam bentuk kisah. Cocok banget buat diberikan sejak dini pada balita. Itu yang bikin saya ngebet ingin punya buku ini.

Oh iya, Si Sulung dulu bisa baca sendiri karena sering dibacakan & main boarbook. Jadi dia akrab sama gambar & ceritanya dan juga akhirnya bikin dia cinta buku sejak dini. 

Jadi, menurut saya buku boardbook itu solusi yang tepat buat yang punya balita. Membuat balita akrab dengan buku tanpa khawatir sobek. Menjauhkan si Kecil dari segala macam buku bukan solusi yang tepat yaa...karena justru sebaiknya dia akrab dengan buku sejak dini. Agar kelak ia mencintai buku dan juga ilmu. 

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa keuntungan memberikan boardbook untuk balita, antara lain:
1. Buku tidak akan bisa disobek si Kecil karena tebal, sehingga bunda dan ananda sama-sama senang. 

2. Jika terkena air, tinggal dilap saja, tak akan merusak buku asal tidak terrendam.
2. Boardbook dapat juga dijadikan mainan seperti mobil-mobilan, kereta api, rumah boneka, tanpa khawatir merusaknya. Sehingga si Kecil semakin akrab dengan buku. 
3. Boardbook biasanya hurufnya besar, tulisannya sedikit, dan gambarnya banyak sehingga sangat menarik untuk balita. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda. Di bawah ini contoh gambar boardbook untuk balita.





1 komentar:

  1. Ibu-ibu pasti pernah ngalamin kayak gini, di satu sisi ingin mengakrabkan anak dengan buku, tapi di sisi lain suka sedih karena buku bagusnya disobek si Kecil tak lama setelah diberikan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih :)

Jika Anda Sakit Ringan Pergilah ke Dapur

Ungkapan: jika sakit berlanjut hubungi dokter sudah akrab di telinga kita. Nah, saya bikin versi lain: jika sakit ringan pergilah ke da...